Minggu, 15 Juli 2012

Kupu-Kupu Bidadari - II ( Ornithoptera paradisea )


Ornithoptera paradisea, juga disebut surga Birdwing adalah kupu-kupu dari Australasia / Indomalaya ecozone (Australia). Deskripsi pertama adalah pada tahun 1893 oleh Staudinger. Yang lebar sayap sekitar 14-19 cm. Kupu-kupu ini adalah anggota dari keluarga Papilionidae. Ornithoptera paradisea berwarna hitam.Ini memiliki daerah hijau dan emas di sayap. Para sayap belakang memiliki ekor tipis. Betina coklat gelap dan memiliki beberapa bintik-bintik putih dan kuning. Mereka signifikan-lebih besar daripada laki-laki.

Deskripsi
Sayap kedepan hitam. Sayap terdepan adalah hijau. Di tengah-tengah sayap ada yang besar, band hijau. Bagian bawah Ornithoptera paradisea adalah hijau. Urat berwarna hitam. Selanjutnya ke ujung sayap ada wilayah hitam.

Yang belakang sayap Ornithoptera paradisea yang kecil, keemasan dan memiliki ekor tipis. Tepi bagian dalam berwarna hitam. Antara daerah emas dan tepi bagian dalam ada jalur hijau. Tepi luar adalah hijau.
Hampir bagian bawah adalah salinan dari terbalik. Tapi, tepi bagian dalam berwarna hijau dan berbulu.
Tubuh (perut) berwarna kuning. Kepala dan dada berwarna hitam dan hijau.

Perbedaan jenis kelamin: perempuan meliputi jangkauan atas sayap-span.Hal ini penting-lebih besar daripada laki-laki. Warna dasar dari betina coklat gelap. Dua kelompok bintik-bintik putih mendominasi sayap kedepan. Di sayap belakang ada daerah putih besar. Tepi luar daerah putih kuning. Antara bagian putih dan kuning bagian rantai ada bintik-bintik hitam. Bagian bawah adalah salinan dari terbalik, tapi semua warna yang lebih kuat.

LinkWithin