Senin, 23 Juli 2012

Memindahkan Kroto Alam Ke Toples


Surga SeranggaBagaimana cara memindahkan sarang kroto semut rangrang  dari alam ke dalam toples. Itulah pertanyaan yang di tujukan  kepada mas bro. Oke, akan coba mas bro jelaskan caranya secara lengkap dan detail berdasarkan cara yang saya pakai selama ini. 


Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit. 

Cara Pertama:

1. Potong batang sarang semut rangrang  (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan)

2. Masukan kedalam karung / plastik / toples  dan apa saja yang sekiranya  ada celah / lubang  udaranya.

3. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Supaya semut rangrang tidak bisa naik keatas.
4. Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
5. Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.

6. Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami.

Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman.

Cara ke dua:
Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya.. Tidak sampai menunggu habis  semut di dalam ember.

Cara ke tiga : pakai teknik anda sendiri tentunya (masih banyak cara). haha...

Itulah cara memindahkan dengan versi mas bro. Silahkan sobat bisa pakai cara mana. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua yang ingin membudidayakan semut rangrang.

LinkWithin