Selasa, 24 Juli 2012

Alasan Semut Rangrang Tidak Bersarang


Sekilas memang mudah sekali semut rangrang mau bersarang ke dalam media toples. Ternyata setelah di coba tidak berhasil. Masih banyak sekali teman teman kita yang belum berhasil membudidayakan semut merah ini. Salah satunya adalah mengapa semut rangrang tidak mau bersarang kedalam tempat yang kita sediakan. Apakah itu dari toples ,bambu, ember dan sejenisnya.
Berdasarkan pantauan mas bro selama ini, kebanyakan dari sahabat kita salalu membuat enteng masalah ini. Tidak semudah yang sobat bayangkan ketika memindahkan sarang alam kedalam tempat tertentu dan langsung membuat sarang secara otomatis. Semua membutuhkan waktu.

Tidak jauh dari kehidupan kita, ketika akan mempunyai rumah baru. Tentunya kita akan melihat lihat dulu sekeliling rumah dari luar sampai dalam rumah. Demikian juga pada semut rangrang ini. Si semut merah ini juga sama seperti kita. Semut rangrang tidak bisa langsung membuat sarang di dalam toples. Semut rangrang pasti akan di luar dulu, menempel di seluruh bagian diinding toples. Setelah merasa nyaman baru mereka akan membuat sarang. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu hari. Makanya jangan heran jika itu juga terjadi pada semut rangrang anda. Itulah yang selama ini mas bro amati.

Salah satu faktor adalah kesabaran. Jangan terburu buru semua ada posesnya. Penentu dalam pembuatan jaring atau sarang adalah:

- Telur ( putih, kecil, panjang seperti kapsul )
   Ini adalah sarana untuk pembuatan sarang putih seperti kertas. Cara kerjanya , telur itu di jepit oleh semut pekerja untuk merajut sarang atau jaring. Semut pekerja ini selalu mengulang ulang dalam pembuatanya. Tadinya semula tipis kemudian menjadi tebal .

-  Kroto 
   Bisa di kasih secukupnya saja yang penting ada krotonya

-  Pekerja
   Mengangkut semua telur, kroto dan ratu

-  Prajurit
   Kerjanya mengamankan dari gangguan luar.

Cara ini juga yang sering di abaikan, sampai kapanpun tidak akan mau bersarang dan membuat jaring  kalau yang di pindah hanya semut dan kroto nya saja. Dan tidak di sediakan makanan dan minuman. Biasanya untuk pertama kali memindahkan, semut rangrang tidak mau makan. Masih malu malu atau sudah kenyang ya

7 komentar:

  1. Untuk membuat si rangrang mau mau masuk dan betah tinggal di tempat yang kita sediakan memang kadang agak susah, semua budidaya memang memerlukan kesabaran.. semoga tips dari artikel diatas bisa saya terapkan dan berhasil membuat betah semut2 agar mau tinggal di tempat yang kita sediakan.

    BalasHapus
  2. Berapa lama sampai sarang penuh semua???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kenyamanan semutnya sendiri dgn sarangnya

      Hapus
  3. sore tadi sya dpt sarang smut d phon. Dgn smgt dan brsush pyah sya petik srgnya, tp smpe mlm ni smut2 blm jg masuk toples, knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena kurang ada penyesuaian antar semut dgn toplesnya mas

      Hapus
  4. saya baru mencoba menangkarkan semut. Kronologinya, pagi mendapatkan sarang dan segera saya pindahkan lewat media ember dan toples dengan fasilitas jembatan lidi. Pada awalnya semua mau masuk ke toples yang saya sediakan (sebanyak 3 toples dengan jalur jembatan lidi masing-masing), kemudian ketiga toples tersebut saya letakkan menjadi satu di atas rak meja. Di atas rak meja tersebut saya sediakan makanan berupa pelet, tulang, dan potongan roti, dan juga air gula. Sampai esok hari semut masih ada, sampai ketika malam hari semut pergi beriringan dengan membentuk jembatan semut di atas kotak kaki meja yang telah saya kasih oli, dan merembet melewati dinding ke atas. Yang ingin saya tanyakan, mengapa semut tersebut melarikan diri, padahal di rak meja sudah saya sediakan makanan dan air bergula.

    BalasHapus

LinkWithin