Jumat, 18 Januari 2013

Serangga Aneh di Sulawesi


Warga Desa Sumarrang, Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dua hari terakhir ini dihebohkan dengan penemuan serangga misterius mirip nyamuk. Namun anehnya, ukuran serangga tersebut berkali-kali lipat melebihi ukuran nyamuk normal, yaitu sebesar capung.


Serangga misterius itu sayangnya kini sudah mati dan disimpan di rumah Harli, salah seorang guru SD yang tinggal di Dusun 1 Lambe Lotong, Polman, Sulawesi Barat. “Saya simpan karena binatang ini aneh dan pertama kali muncul sejak saya lahir,” kata Harli, Rabu 18 Januari 2012.

Ia menjelaskan, nyamuk raksasa itu memiliki panjang tubuh 2,2 cm, panjang sayap 2,5 cm, dan panjang kaki 7 cm. Warga setempat meyakini serangga tersebut adalah nyamuk. “Sama sekali bukan capung. Sangat beda, utamanya di bagian kepala, karena binatang ini memiliki patok,” ujar Harli.


Harli menceritakan, nyamuk itu muncul Senin menjelang maghrib. Saat itu, kata dia, puluhan warga Sumarrang bersiap melaksanakan shalat maghrib berjamaah di masjid setempat. Namun saat akan mengangkat tangan untuk bertakbir, salah seorang jamaah melihat serangga aneh di samping imam.

Jamaah tersebut lantas memukul serangga tersebut dengan sajadah sebanyak dua kali. “Setelah binatang itu tak berdaya, saya berinisiatif mengambil binatang itu dan membawanya pulang ke rumah,” kata Harli.
Sampai saat ini, warga meyakini bahwa serangga yang mereka temui itu merupakan nyamuk terbesar yang pernah ada di Indonesia. 

Harli berharap, penemuan tersebut ditindaklanjuti oleh pemerintah karena menimbulkan kekhawatiran warga mengenai kemungkinan adanya nyamuk-nyamuk raksasa sejenis di daerah mereka. 

LinkWithin