Minggu, 17 Maret 2013

Orkin


Surga SeranggaKebun binatang merupakan salah satu tujuan rekreasi. Namun, jika ditawari berkunjung ke kebun binatang yang terdapat di kompleks Museum Smithsonian, Washington D.C., Amerika Serikat, mungkin Anda akan berpikir dua kali. Sebab, di kebun binantang itu hanya ada serangga.


Di seluruh dunia, terdapat 4-6 juta spesies serangga, namun hanya dua juta yang berhasil diidentifikasi. Dua juta spesies itu kini dapat dilihat di Kebun Binatang Orkin. Di kebun binatang khusus ini jutaan serangga dimanjakan. Suasana kandang diatur sedemikian rupa menyamai habitat asli mereka. 

Makanan pun diperhatikan. Pengelola kebun binatang menyediakan aneka sayuran seperti daun selada yang terjamin kesegarannya. Spesies tertentu bahkan dimandikan atau disemprot air setiap pagi.

Para petugas di kebun binatang unik ini mengaku sangat senang merawat satwa yang oleh sebagian orang dianggap sebagai makhluk menakutkan. Satu-satunya masalah yang mereka hadapi adalah adanya jenis serangga yang memakan serangga lain. Hal tersebut sangat sulit dicegah.

Para staf dan petugas kebun binatang serangga ini tidak hanya merawat, mengembangbiakkan serangga dan memperkenalkan aneka jenisnya kepada para pengunjung. Mereka juga mengemban misi mengubah sudut pandang orang terhadap serangga. Mereka berharap, pengunjung tidak lagi menganggap serangga sebagai makhluk yang menakutkan melainkan sebagai sesama penghuni planet bumi.

LinkWithin