Kamis, 25 Juli 2013

Lalat Suka Buah Hanya Untuk Meletakkan Telur


Surga SeranggaTahukah Anda, bahwa seranggapun ternyata memilih bagian tanaman yang paling cocok untuk  meletakkan telur-telurnya. Penelitian ini menunjukkan bagaimana lalat buah Bactrocera dorsalis betina meletakkan telur-telurnya lebih banyak di bagian “atas” buah mangga (di dekat tangkai buah), dibandingkan di bagian tengah (pinggang) buah, dan pucuk bawah buah. 


Dari segi fisiologi buah, hasil tersebut menunjukkan bahwa sang induk memilih bagian buah yang paling masak dan tingkat kekerasannya juga paling rendah dibandingkan dua bagian yang lain, sehingga bisa ditembus oleh ovipositor untuk meletakkan telurnya.

 Selanjutnya, para penelitian juga menunjukkan fakta bahwa pertumbuhan dan perkembangan larva lalat buah lebih baik pada bagian atas buah dibandingkan dengan di bagian bawah buah. Sepertinya hal ini bisa menjadi jawaban bagi pertanyaan: mengapa membungkus buah.

Untuk menahan peneluran oleh lalat buah tidak perlu dilakukan secara rapat, terutama dengan menutup bagian bawah buah. Cukup bagian atas buah yang harus diusahakan tertutup rapat. Rupanya, lalat buah lebih memilih meletakkan telur-telurnya di bagian atas buah!

LinkWithin