Jumat, 19 Juli 2013

Tanaman Ini Perpanjang Usia Serangga


Surga SeranggaIlmuwan University of California mengatakan, setelah melakukan berbagai macam percobaan, mereka menemukan bahwa tanaman yang biasa disebut dengan Golden Root bisa meningkatkan masa hidup serangga.Serangga ini khususnya lalat buah,yang memiliki masa hidup lebih lama 24 persen setelah terpapar tanaman tersebut.

Dilansir Softpedia, Senin (24/6/2013), tanaman unik ini dinamakan Rhodiola rosea. Apa yang menarik dari tanaman ini ialah bisa membantu lalat buah hidup lebih lama. Penulis studi senior, Mahtab Jafari mengungkapkan bahwa timnya menemukan Rhodiola bisa meningkatkan masa hidup serangga.


"Kami menemukan bahwa Rhodiola sebenarnya meningkatkan umur di atas pembatasan diet. Ini menunjukkan bahwa Rhodiola bisa berperan bahkan dalam individu yang telah hidup lebih panjang dan sehat," jelas Mahtab.

Ia mengatakan, ini merupakan temuan penting, karena pembatasan diet dianggap metode yang paling kuat untuk meningkatkan umur pada hewan laboratorium. Ilmuwan telah berjuang untuk mengidentifikasi senyawa yang dapat meniru efeknya.



Lebih lanjut ia menjelaskan, tanaman merupakan makhluk hidup yang bermanfaat baik bagi lalat buah jantan dan betina. Selain membantu serangga hidup lebih lama,  Golden Root bisa memberi kontrinusi terhadap lalat buah agar tetap sehat secara fisik, meskipun berada dalam kondisi penuaan.


Ilmuwan juga menemukan bahwa tanaman ini bisa digunakan secara efisien untuk melawan beberapa masalah kesehatan pada serangga. Rhodiola rosea menaikkan harapan hidup serangga dengan melindungi sel-sel mereka terhadap stres oksidatif.


Peneliti harus mengkaji lebih dalam apakah tanaman tersebut juga bisa diterapkan pada manusia. Ilmuwan berharap Rhodiola rosea bisa mengobati penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin