Selasa, 23 Juli 2013

Penciuman Serangga Dipengaruhi Kebersihan Antena


Surga SeranggaIlmuwan asal Amerika Serikat menemukan bahwa serangga mampu membersihkan dirinya dengan cara menghapus sekresi atau cairan yang ada pada tubuhnya. Dengan demikian, aktivitas "bersih-bersih" ini memungkinkan serangga untuk tetap menjaga ketajaman indera penciumannnya.

Dilansir BBC, Selasa (5/2/2013), ilmuwan mengatakan, kecoak dapat meningkatkan indera penciumannya dengan cara membersihkan antena miliknya. Antena ini berupa tonjolan yang terletak di kepala mereka, yang mereka gunakan untuk merasakan bau, suhu serta tata letak fisik di lingkungan serangga tersebut.

Serangga dikenal mampu memanipulasi antena mereka. Ilmuwan juga mengidentifikasi perilaku yang sama pada semut serta lalat. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Antena serangga penuh struktur sensorik, yang disebut sensilla. Sensilla digunakan oleh serangga untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan mereka, yang penting bagi kelangsungan hidup mereka," kata peneliti Katalin Boroczky dari North Carolina State University.

Ia mengatakan, terdapat sensor neuron yang ada di sensilla untuk menerima sinyal dari luar. Selain itu, bagian ini juga bisa mengidentifikasi tekstur permukaan fisik, rasa atau bau.

Boroczky mengamati bahwa ketika kecoa dicegah dari kegiatan bersih-bersihnya, maka antena yang dimilikinya akan dilapisi dengan zat mengkilap. "Fungsi utama dari perawatan serangga ialah penghapusan bahan asing dari permukaan tubuh," jelasnya. 

LinkWithin