Selasa, 23 Juli 2013

Racun Kalajengking Mampu Basmi Serangga


Surga SeranggaRacun kalajengking ternyata bisa digunakan untuk membunuh hama namun di sisi lain tidak merusak tanaman dan lingkungan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh kalangan peneliti dari Universitas Maryland dipimpin oleh Profesor Raymond St Leger.

Kalangan peneliti itu menemukan bahwa gen kalajengking bisa digunakan untuk menciptakan racun jamur secara ekstrim yang mampu membunuh beberapa hama, seperti nyamuk pembawa malaria atau kumbang perusak panen kopi.

St Leger dan koleganya dari Akademi Sains China, Chengshu Wang, memaparkan tentang hasil penelitian ini pada jurnal Nature Biotechnology edisi November ini. Mereka melaporkan bahwa sebuah versi baru dari jamur untuk disuntikkan pada beberapa serangga dengan racun kalajengking neuro-toxin, membunuh serangga dalam waktu beberapa hari.

"Kalajengking memiliki racun yang hebat yang bisa digunakan untuk membunuh serangga," kata St Leger seperti dikutip UPI.

St Leger menyatakan bahwa jamur melengkapi dirinya sendiri pada serangga, melapisi di permukaan namun tumbuh di dalam serangga.

"Jika kamu bisa mendapatkan jamur dalam racun yang diberikan ke serangga, maka kamu akan membunuh serangga dengan sangat cepat," katanya. 

LinkWithin