Sabtu, 20 Juli 2013

Penemuan Sarang Tawon Setinggi 2 Meter


Surga SeranggaSebuah sarang tawon dengan tinggi sekira dua meter dan lebar 2,5 meter ditemukan di pusat Florida. Dianggap sebagai sarang tawon yang berbahaya bagi manusia, 'markas' serangga tersebut akhirnya dihancurkan oleh ahli entomologi atau pakar serangga.

Para ahli mengungkapkan bahwa sarang tawon ini merupakan yang paling besar di dunia. "Sarang tawon raksasa ini akan membuat Anda tidak ingin pergi keluar rumah lagi," kata ahli serangga, Jonathan Simkins melalui akun Twitter, seperti dikutip Foxnews, Kamis (27/6/2013).


Ia mengungkapkan, sarang tawon tersebut merupakan yang paling besar, yang belum pernah ia lihat dalam karirnya selama 20 tahun. Ia kemudian mengunggah beberapa foto sarang tawon tersebut ke dunia maya.
Sarang tawon ini berlokasi di daerah terpencil dan diisi dengan pepohonan di tengah Florida,  yang juga merupakan area milik pribadi. Pemiliknya kemudian menghubungi Simkins untuk meminta bantuan menghilangkan sarang tersebut.


Mencoba menghancurkan sarang tawon ini tanpa bantuan ahli bisa berakibat fatal bagi siapapun. Sebab, diestimasi terdapat 1 juta tawon dalam rumah serangga tersebut. 
Wikipedia menerangkan, tawon adalah serangga terbang yang mudah dikenali karena hewan ini bisa menyengat apabila diganggu dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah.

Kabarnya, terdapat sekria 75.000 spesies tawon yang sudah diketahui manusia dan sebagian besar dari mereka hidup sebagai parasit dengan menaruh telurnya di tubuh hewan lain. Hewan ini bisa ditemukan di seluruh dunia, kecuali di daerah yang bersuhu terlalu tinggi atau terlampau dingin.

Mayoritas tawon adalah herbivora yang memakan material tumbuhan seperti buah dan nektar. Namun, tawon raksasa asal Jepang (Vespa mandarina) merupakan omnivora yang hidup dengan memakan daging dari serangga lain.

LinkWithin